35 thoughts on “CURHATAN PEMILIK 5 MENTAL ILLNESS | #GritteBukaPraktek

  1. Gua selalu mikir "pengen punya temen yg bisa di ajakin pergi punya temen yg ngajak ngemall ngajak pergi bla" tapi gua juga mikir kalo pergi"ngabisin uang doang:v masa remajaku hanya di rumah

  2. Cara ngilangin alergi pelajaran matematika gmn ya? Nilai raport gua bagus semua kecuali matematika di kasih pas KKM tapi gua masuk 10bsr wk ini alergi beneran g sih sampe di otak gua gaada rumus yg masuk tapi gua bisa tambah"an bisa bagi"an dll tapi gapernah hapal rumus sama sekali😶

  3. Papa mama bukan tipe nanya lalala lilili

    Temen gabisa paham sama gue dan cuma 3 – 4 org dan gaada sahabat abadi..

    Sama kok kak 🙁

  4. umur aku skrg 18thn, waktu kecil diumur 5thn aku banyak memiliki rasa trauma dan ketakutan, karna pada masa kecil pas diumur 5thn aku udah ngalamin yg namanya broken home, mama papaku selingkuh dan aku diperkenalkan kepada selingkuhan mereka berdua. setiap pulang sekolah kadang iri liat temen" dijemput sama mama atau papanya, pas sampe dirumah yang kubayangkan aku udah disambut oleh mama dan diberikan makan siang ternyata itu tidak terjadi, sering kali pulang skolah tunggu didpn rmh kebetulan pd saat itu orangtua masih ngontrak dan aku sendiri nunggu depan rumah sambil menahan lapar dan sambil nangis*. orangtua sibuk dengan urusannya sendiri pd saat itu aku merasa aku g punya siapa*, pengennya mati aja. KDRT sering kali kuliat dpn mataku sendiri, bahkan aku sering kali jadi korban kekerasan. hingga aku tumbuh dewasa tidak berhenti sampai distu, mereka masih saja sering berkelahi mamaku sering kali dapat kekerasan oleh ayahku. mgkin orgtuaku beranggapan bahwa kejadian masalalu itu sudah kulupakan tp nyatanya tidak mereka jg g pernah nanya* soal diriku. skrg aku udah dewasa, aku bahkan kdg nangis sndiri entah itu knp. Aku bahkan jika bertemu org baru suka apa yah suka kaku dan g bisa bicara, bicaraku pun kdg g nyambung dan g jelas, aku bingung smpe skrg mau curhat kesiapa dan aku jg tertutup orgnya, dan g smua org dapat kupercaya

    sedikit curhatan dari aku:)

  5. Aku mau cerita ini,aku berada di keluarga yang serba berkecukupan,tapi entah lah setiap aku meminta sesuatu jarang banget bisa keturunan,sedangkan kakak ku apa apa di turuti,gua paham kalo anak pertama itu slalu di utamakan dulu,btw aku anak kedua,yang mana slalu dapat perlakuan ga enak,ga enak nya aku sering kali di pilih pilih kasihin,dan setiap itu jadi suatu masalah ,aku ga pernah ungkapin ke orang tua aku,untuk keluarkan semua unek unek ku,aku udah kayaa gini semenjak kecil.Sampe sekarang pun aku ga begitu terbuka sama temen keluarga ku untuk cerita,aku lebih memilih diam mendam nya,karena aku tau kalo aku cerita juga ga ada hasilnya,aku sering kali cek Cok sama orang tua gua,kadang gua itu ga sepenuh nya seburuk itu tapi saat aku ngelakuin kesalahan kecil udah kayak besar bgt,tapi saat kakak gua salah sesalah nya masih aja di utamakan,kakak aku orangnya caper bgt, sedangkan aku anaknya cuek bgt,aku ga pernah buat coba pergi ke terapi atau pksiater gitu,karena ga punya uang,mungkin aku udah menderita mental ilnes atau apalah,entahlah saat ini aku merasa kan kali,seolah olah hampa,ga punya siapa siapa,aku itu kalo lagi senang ya seneng kali,tapi kalo udah terpuruk rasa nya kayak ga punya siapa siapa gitu,ada niatan untuk bunuh diri malah,pengen bgt rasa nya pergi dari rumah,dan mungkin saat itu ku lakukan.aku tumbuh jadi anak yang kasar banget,ngomong juga nada tinggi Mulu,tapi sebenarnya ini bukan seolah olah aku emang gini,tapi orang tua juga,tapi berdosa kali kalo aku bilang gitu ke ortu gua,jadi aku bingung kali harus apa? 😞,Orang tua gua ke gua beda bgt,ga kayak adik adik ku dan kakak ku,mereka selalu dapat perhatian,semisal nya ada tugas ga,udah makan belum,ada masalah apa? Gak gak sama sekali,aku sering banget di telponin kalo lagi di kampus,bukan nanyak tentang aku,cuman nanyak kereta (sepeda motor) aja sedih bgt kan,pernah nih aku lagi KKN jauh lah,orang tua temen gua nelpon anak nya tiap hari nanyak keadaan gitu ,lah aku? Emak gua nanyakin BH nya coy,kiranya tebawak gitu,ya ampun sedih bat dah,tapi walau begitu gua ga benci sama ortu gua,dan Alhamdulillah aku orgnya masih bisa mikir positifada niatan setelah kuliah ini gua pergi cari kerja setelah itu punya penghasilan,bisa ngasih org tua,karna aku mau balas omongan mereka,tentang aku,doain ya guys semoga aku tetap kuat :'))))

  6. Sma kye w…puya temen bnyak tp gk ngerti/paham w,,gk puya tmen curhat,,1"1y org tmpt curhat nyaman suami,,ortu w cuek m w beda ke yg lain(kye anak tri w),trs lg nton/marn hp tb2 marah/kesel ,,ap termasuk bipolar ya?

  7. Terimakasih gritte dan cerel sudah membahas hal2 ttg mental illness.. 🥰 mudah2an semakin banyak orang yg peduli ttg mental illness dan gak perlu insecure dgn itu semua..💖

  8. penyakit apa aja sih itu aku nggak ngerti
    dan menyerang apa
    kok punya uang buat ke Dr pdhl masih kecil keluarga juga nggak tau

  9. Wow aku pikir pola makan ku normal, ternyata ada yg namanya eating disorder….
    Aku pernah ga makan 5 hari ya karena emang ga laper aja dan ngerasa ada kesibukan lain. Tapi iya bener, ada saat dimana sehari bisa makan banyak bat kek babi wkwk

  10. Gw SMA dan gw pengen banget nge cek karena gw sering ngerasa ada yang ga bener sama gw, tapi gw kebayang kata kata ortu gw kalau gw gaboleh mikir gitu dan dikait-kaitkan sama Tuhan, makanya gw jd menunda utk mau tahu lebih jauh tentang diri gw, khususnya tentang mental illness

  11. Tolong dong kasih konsultasi gratis ttg masalah psikologi ke remaja remaja smp sma yang mreka ga berani cerita ke ortu, tapi pengen cek ke psikolog,tapi juga ga ada uang

  12. Temen gue banyak daaan itupun mereka dulu gt yg deketin/ngajak kenalan gue kalo nggak ya udah sekedar tau nama, nanyapun kek cuma nanya tugas atau apa gt lah yg penting. Dulu temenku ada yg bilang "kamu kok aneh sih?", sedangkan gue ngerasa gue biasa" aja gt, sama kek yg lain. Yg gue anggep sahabatpun kalo gue cerita suatu hal pasti nggak akan yg dalem" bgt krn ya gmn ya gue takutnya dijauhin gt. Ortuku jg cuek" aja, sekedar ngasih uang, nanya nilai, ya udah gt aja. Akupun jg nggak pernah cerita apa" ke ortuku jd sahabat"kulah yg lbh tau ttg aku, ttg masalahku(yg nggak dlm itu). Aku juga suka halunya Masya Allah(bukan ttg sama oppa" atau sejenisnya) pokoknya kek pengen buat dunia ini, itu, bla bla bla. Kalo mikir mau bunuh diri sering bgt, tp blm pernah kulakuin. Tp semakin kesini semakin banyak ganggan kek nggak bisa fokus, inget sesuatu tuh susah bgt(padahal dulu kalo baca sekali doang bakalan inget berhari" gt), insomniaku jg akut, pola makanmu juga berantakan.

    Sumpah ya gue nganggepnya itu normal" aja tp stlh aku liat video ini jd mikir" lg apakah gue orang normal apa bukan..kalo gila sih enggak krn segala sesuatu yg berhubungan sama 'mental' itu nggak harus gila. Harapanku ke pemerintah sih semoga ada tempat kek semacam rehabilitasi gt(kek tempat pecandu narkoba disembuhin) tp bedanya ini buat org yg punya gangguan mental.

  13. Buat orang tua kalian jangan nganggap remeh masalah psikologi anak itu bisa bahaya baik jangka pendek, menengah bahkan panjang dan kalau anak ada masalah jangan selalu menyalahkan anak dan harus di cek mengenai akar masalah serta ortu harus bisa lihat dari 2 sisi karena kenapa anak itu titipan dari allah swt terkadang anak bingung mau curhat ke siapa ada yang ortu ga bisa ngasih solusi, atau malah menyalahkan anaknya padahal ortu ga tau masalah sebenarnya mending kalau anak punya sahabat atau teman curhat yang ngerti masalahnya yang bahaya kalau pelariannya malah ke hal negatif narkoba misalnya atau bida jadi psikopat

  14. Dulu aku pernah hampir mau bunuh diri gt udh megang gunting sama papa ku diambil alhamdulillah abis itu aku sadar aku ngapain dan ceritanya sama tp bedanya dia bandel dan ya aku kek masalah iri2an gt

  15. Mau kritik dikit ni, gue nonton beberapa video lo, yg ngundang cerel 2 kali kan sama yang aama inez tte, sebenernya kontennya bagus2 dan depth talks, cuman kayaknya pertanyaan lo agak judgemental dan frontal, dan judul judul video lo terlalu trigger gitu si, gatausi mungkin itu youtube adsense game, cuman kalo gue boleh saran lebih baik lebih hati2 lagi dan agak kasi basa basi dikit pas merespon cerita narasumber yaaa
    Mangatz

  16. Terima kasih kak, di vidio sebelumnya kata2 yang sya ingat bgini " loe bilang mau berubah, tapi loe bilang berubahnya besok. Terus kalau loe matinya skrng gmna"

  17. Entah kenapa aku nonton video ini kok malah nangis.. apa karna gua termasuk salah satunya.. jujur sih yaa aku merasa termasuk salah satu penderita mental illness tapi aku ga bisa pastiin aku masuk jenis yang mana.. emosi moodku benar benar ga karuan.. kadang2 merasa happy bersemangat..kadang2 merasa sedih kek rasanya mau bunuh diri.. tapi yang pasti dan sering yaa persis kata ka cerel berusaha tampak happy didepan orang laen kek ga ada masalah apapun.. kasarnya kita kek hidden masalah kesedihan dan penderitaan kita.. kek orang laen ga perlu tau.. aku kek ga bisa trust ma orang laen dan ga mau terlalu dekat dengan mereka karna aku sadar bgt mereka hanya dekat bgt pas butuh gua aja dan setelah itu ninggalin gua dengan alasan yang sama.. jujur yaa aku itu paling takut sama yang namanya ditinggalkan siapapun apalagi karna sakit kanker.. sumpaah yaa selepas ayahku mati karna kanker itu,gua benar2 kek kehilangan memory gua dan seolah berubah jadi figur yang laen tapi gua berhasil self healing dan balik jadi normal mungkin lebih tenang namun sejak gua kenal someone memory gua yang hilang kembali 75% dan karakter laen gua yang muncul selepas kepergian ayahku seolah balik lagi. Kondisiku jadi makin buruk sejak kehilangan temanku itu,aku malah jadi kek temanku secara karakter.. aku malah jadi lebih cepat meluap emosinya bahkan setiap tahun rasanya seolah kek pengeen mati aja..

  18. gw kgk pernah makan sampe 3 hari terus kalau lagi makan bisa sampe 5 piring sampe 7 piring apa itu eatingdisolder kah?

  19. Ada beberapa terapi syar'i.. mungkin ada baiknya di coba salah satunya ruqyah…

    “Dan Kami turunkan dari Al-Qur`an suatu yang menjadi penawar dan rahmat bagi orang-orang yang beriman dan Al Quran itu tidaklah menambah kepada orang-orang yang zalim selain kerugian” (QS. Al-Israa’: 82).

  20. Kadang kadang juga pengen cepat cepat kerja jdi pengen cepet pengen cepet pokoknya ngelakuin apa pengen nya cepet tiba tiba aja tapi dtng nya itu apa ya soalnya klo lgi merasa Kya gitu perasaan nya jdi ga nyaman deg degan nya bisa melebihi orang normal bisa cepat bngtt kdng lemah bngtt

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *